Medeteksi Kerusakan Pada Memori Yang Menyebabkan Komputer Tidak Bisa Menyala

Posted: June 16, 2013 in Hardware
Tags: , , ,

Assalamu’alaikum wr.wb. Sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang permasalahan pada computer yang tidak mau menyala yang disebabkan oleh kerusakan memori komputer atau yang lebih sering kita kenal sebagai RAM.

Jika hal yang anda alami adalah layar Blue Screen of Death besar kemungkinan bahwa memori atau RAM yang anda gunakan itu rusak, dan berikut ini adalah beberapa tanda memori atau RAM tersebut rusak

1. Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tanda paling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.

bluescreenofdeath

2. Random crash atau Blue Screen of Death dengan pesan berbeda/acak selama menjalankan XP.

3. Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game, benchmark, kompilasi, Photoshop, atau aplikasi berat lainnya.

4. Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.

5. Kegagalan ketika boot. Hal ini dapat disertai dengan berbunyi “bip” panjang berulang-ulang, yang merupakan kode bip BIOS untuk masalah memori. Dalam hal ini, Anda tidak dapat menguji memori dengan perangkat lunak diagnostik, sehingga satu-satunya pilihan Anda adalah pengujian dengan mengganti RAM dengan RAM yang lain.

Dan beberapa solusi dari masalah diatas adalah

1. Jika kita cek kerusakan memori dari tanda-tanda diatas dan diketahui bahwa disebabkan oleh Memory Management maka meningkatkan atau mengupgrade memori (RAM) adalah salah satu solusinya.

2. Jika yang anda alami adalah bunyi “bip” panjang dan berulang-ulang dan merupakan kode bip dari BIOS yang menandakan masalah pada memori maka sebaiknya anda melakukan pengecekan kembali pada memori tersebut, sudahkah terpasang dengan benar, support kah Motherboard yang anda pakai dengan memori tersebut. Kalau RAM tersebut tidak cocok, maka akan mempengaruhi kinerja sistem bahkan mengakibatkan sistem tidak berjalan dengan baik. Sebelum memasang RAM, hal yang sangat penting adalah memperhatikan tipe dan PC dari RAM tersebut.

3. Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab kontak antara modul memori dan slot memori dapat terganggu atau terkorosi. Panas, baik dari komponen lain atau RAM itu sendiri juga dapat menyebabkan kerusakan bertahap. Sebaiknya anda bersihkan slot pada RAM dan RAM itu sendiri agar slot RAM dan RAM itu bersih dari debu dan benda kotor lainnya, karena debu merupakan salah satu musuh utama untuk Hardware computer yang menyebabkan Heatsink.

4. Lalu anda juga harus memperhatikan kemampuan komputer anda sendiri, kuat atau tidak untuk menggunakan aplikasi dengan ketentuan spesifikasi yang besar, jika anda tetap memaksakan hal ini maka beberapa komponen dari computer anda akan mengalami kerusakan karena dipaksa untuk melakukan hal yang diluar batas kemampuannya. Gunakanlah komputer anda dengan batas kemampuan yang dimiliki.

 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komeng a.k.a komentar

Sumber gambar : https://www.google.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s